Wednesday, January 11, 2017

CARA MEMBUAT SEBLAK BASAH

Cara Membuat Seblak Basah

Resep Sayuran – Cara Membuat Seblak Basah Khas Bandung ini sangat mudah dan praktis untuk dilakukan. Cita rasanya yang pedas bisa menggoyang lidah Anda dan membuat Anda ketagihan untuk memakannya.
Orang Jawa Barat khususnya orang Bandung tentu sudah tidak asing lagi dengan camilan yang bernama seblak. Seblak ini merupakan salah satu jajanan tradisional Bandung dengan cita rasa yang pedas. Cara membuat seblak Basah sendiri dengan menggunakan bahan utama kerupuk kuning yang di rebus. Biasanya para penggemar seblak adalah perempuan dan remaja. Rasanya yang pedas dan khas ini membuat siapa saja yang mencicipinya pasti menyukainya dan akan terus mencoba makanan khas Jawa Barat ini.
Cara Membuat Seblak Basah
Rating: 5
Prep Time: 45 minutes
Cook Time: 45 minutes
Total Time: 1 hour, 30 minutes
Bahan / Bumbu :
  1. Adapun bahan untuk membuat seblak yaitu:
  2. Kerupuk aci kuning atau putih 125 gram
  3. Air panas secukupnya
  4. Air bersih 50 mililiter
  5. Telur 1 butir dikocok lepas
  6. Sosis ½ batang, potong-potong sesuai selera
  7. Bakso 1 butir, potong-potong sesuai selera
  8. Kaldu ayam bubuk ½ sendok teh
  9. Daun bawang ½ batang diiris halus
  10. Minyak secukupnya
  11. Ada beberapa bumbu yang perlu dihaluskan, yaitu:
  12. Asam Jawa ½ sendok makan
  13. Cabe rawit 8 buah
  14. Tomat merah ½ buah
  15. Bawang merah2 buah
  16. Bawang putih 1 buah
  17. Kencur ¼ ruas
  18. Gula pasir ¼ sendok teh
  19. Garam 1/8 sendok teh
Cara Membuat :
  1. Rebuslah air sampai mendidih kemudian masukkan kerupuk sampai mendidih lagi. Setelah itu, saring dan masukkan ke dalam air yang dingin.
  2. Haluskan semua bumbu yang haru dihaluskan kecuali asam Jawa. Kemudian tumis bumbu tersebut dan tambahkan kencur sampai harum.
  3. Setelah harum, masukkan asam Jawa jika suka asam lalu tambahkan sosis dan bakso yang sudah dipotong-potong. Sambil diaduk rata, kemudian masukkan kerupuk yang sudah mengenyal. Aduk lagi sampai rata.
  4. Langkah terakhir adalah menyajikannya selagi hangat.
Seblak ini juga bisa dipadukan dengan bahan lainnya seperti ceker, telur, dan bahan pelengkap lainnya. Sebenarnya seblak sendiri ada dua macam yaitu seblak kering dan juga seblak basah.Cara membuat seblak basah ataupun kering sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda, hanya seblak kering itu lebih kering dan tidak lembek seperti seblak basah. Yang perlu Anda catat adalah semua jenis seblak ini mempunyai rasa yang enak dan cocok untuk dijadikan sebagai camilan. Selamat mencoba resep sebal khas Bandung ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CARA MEMBUAT SEBLAK BASAH

0 comments:

Post a Comment

close